partisipasi masyarakat lokal

Partisipasi masyarakat lokal dalam keberhasilan
pengelolahan Sumber Daya Alam

partisipasi masyarakat lokal dalam keberhasilan pengelolohan SDA sangat penting dan mempengaruhi karena masyarakat lokal atau masyarakat adat setempat lah yang tau a-z SDA ( Sumber Daya Alam ) sekitar tersebut. Dalam hal ini pemeran utama adalah pemerintah . karena pemerintah sebagai dalang atau pihak penentu .
Maka dari itu pemerintah seharus nya sosialkan atau penyuluhan tentang cara mengelolah sumber daya alam terlebih terdahulu , hal ini pasti membutuhkan dana dan waktu yang tidak sedikit dan sebentar . tetapi hal ini harus dilakukan mengingat masyarakat lokal karena berada di pendalaman yang masih sangat tertinggal dalam hal pembangunan dll. Setelah penyuluhan selesai dan di anggap berhasil barulah merencanakan usaha mengeolah suatu sumber daya alam yang mengikuti masyarakat lokal / sekitar .tujuan ini agar masyarakat lokal / adat sejahtera dan alam pun terjaga kelestarian nya .
Hal hal yang dapat dilakuin pemerintah untuk mengikut sertakan masyarakat lokal adalah sebagai berikut :
1. Membangun pelatihan untuk membuat suatu produk dari alam yang tidak digunakan , yang dapat di jual kembali . misalkan , memanfaatkan bagian dari tanaman bakau (mangrove) yang dapat dijadikan olahan makanan / minuman dll

2. Membagi hasil / pemasukan dari suatu objek wisata , misalnya dengan tiket masuk / simaksi suatu obkek wisata.

3. Membangun pelatihan membuat kerajian tangan / oleh oleh yang khas dari SDA yang ada. Misal nya di Tangkuban perahu (bandung) terkenal monyet ekor panjang jadi lah membuat gantungan kunci berbentuk monyet ,dll.

4. Memperbanyak hutan komunal , hutan rakyat , hutan masyarakat , yang dapat ikut mendapatkan manfaatkan dan berperan serta dalam pengelolaan nya.

5. Membuat pelatihan membudiyakan fauna , misal budiya ikan kerapu .sehingga masyarakat tidak hanya mengambil dari alam tetapi juga membudiyakan nya , hal ini membawa dampak positif dari segi ekologis , ikan kerapu di alam tidak mengalami kepunahan akibat pengambilan berlebihan dan terus – menerus.

6. Selain mengikut sertakan dalam pengelolahan sumber daya alam , masyarakat lokal/ adat juga harus di ikut sertakan dalam pengawasan pemanfaatkan sumber daya alam , sehingga alam dan masyarakat berjalan dengan baik dan seimbang. Alam terjaga kelestarian , masyarakat sekitar juga sejahtera dan makmur.

Selain dari manfaat di atas , ada manfaat lain bila mengikut sertakan / partisipasi masyarakat lokal / adat adalah budaya budaya yang masih melekat kuat di suatu tempat tersebut. Misal , di sungai daerah kota A ada mitos / kepercayaan yang mengatakan tidak boleh mengambil / memancing ikan khas sana kecuali ikan -ikan yang banyak di pasaran seperti lele / mas. Bila masih mengambil ikan khas itu , orang yang mengambil akan mendapatkan kesialan / penyakit tertentu. Hal ini dapat membantu dalam menjaga kelestarian alam maupun kekayaan hayati nya.