Bedah Buku Potret Keadaan Hutan Indonesia Periode 2009 – 2013

Bedah Buku

Buku berjudul Potret Keadaan Hutan Indonesia telah selesai disusun berdasarkan informasi mengenai tutupan hutan hasil penafsiran citra satelit dan peta-peta terestrial, dielaborasikan dengan data dan laporan resmi dari pihak pemerintah serta dari lembaga-lembaga pemerhati lingkungan. Walaupun disadari bahwa ada tantangan besar dalam proses pengumpulan data dan menghasilkan sebuah laporan yang komprehensif, tetapi proses ini dijalani karena dirasakan sangat penting bagi keberlangsungan hutan alam Indonesia.

Berapa luas hutan alam Indonesia yang masih tersisa? Berapa laju kerusakan hutan alam Indonesia? Apa penyebab dari rusaknya hutan alam Indonesia? Apa benar, upayaupaya yang dilakukan pemerintah dalam mencegah dan mengurangi laju kerusakan hutan tidak memberikan dampak yang signifikan? Lalu, apa rekomendasi FWI dalam menghentikan laju kerusakan hutan di Indonesia?

Jawaban dari banyak pertanyaan tersebut coba dipaparkan didalam buku PKHI. Konten buku akan coba digali guna mencari titik terang dari sekelumit permasalahan yang terjadi didalam hutan alam Indonesia dalam bedah buku bertajuk Potret Keadaaan Hutan Indonesia Periode 2009-2013. Maka, sebagai bagian dari publikasi bedah buku PKHI dilakukan Roadshow di beberapa universitas besar yang memiliki fakultas/jurusan kehutanan guna menyebarluaskan hasil temuan dan informasi yang terdapat di dalam PKHI.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Bedah Buku yang sebelumnya dilaksanakan di wilayah Kalimantan, Jawa dan Sumatera.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>