Peluncuran Potret Keadaan Hutan Indonesia 2009-2013

launching_PKHI_middlePada tahun 2000 Forest Watch Indonesia bersama Global Forest Watch menyajikan laporan pertama mengenai kondisi hutan Indonesia dan menyebutkan laju deforestasi 2 juta hektare per tahun. Kemudian pada tahun 2011, FWI kembali menyajikan sebuah laporan tentang keadaan hutan Indonesia, melalui buku Potret Keadaan Hutan Indonesia periode 2000-2009. Laporan ini menyediakan analisis yang rinci mengenai skala perubahan yang mempengaruhi hutan-hutan Indonesia, diantaranya menemukan bahwa luas tutupan hutan alam hanya tinggal 88 juta hektare dan tingkat deforestasi masih relatif tinggi yaitu 1,5 juta hektare per tahun, dengan laju deforestasi terbesar di Kalimantan yaitu sekitar 550 ribu hektare per tahun (FWI. Potret Keadaan Hutan Indonesia Periode 2000-2009, 2011).

Laju deforestasi yang tetap tinggi disebabkan suatu sistem politik dan ekonomi yang korup, yang menganggap sumberdaya alam, khususnya hutan, sebagai sumber pendapatan yang bisa dieksploitasi untuk kepentingan politik dan keuntungan pribadi2. Faktor penyebab langsung diantaranya kebutuhan kayu nasional untuk konsumsi industri pulp and paper yang tinggi, ekspansi hutan tanaman, melonjaknya perkebunan sawit dan pertambangan di kawasan hutan pada dasawarsa terakhir dan tidak tegasnya pemerintah dalam menangani perambahan dan konversi hutan yang ilegal. Di sisi lain beberapa penyebab utama tidak langsung terjadinya deforestasi meliputi, persoalan kebijakan di sektor kehutanan dan tata ruang, ekonomi makro, tata kelola, dan faktor lain3. Secara garis besar bisa disimpulkan bahwa deforestasi yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh kebijakan pemerintah sendiri, salah satunya adalah kebijakan produksi kayu nasional.

Sebagai organisasi pemantau hutan, FWI mempunyai visi yaitu mewujudkan proses pengelolaan data dan informasi kehutanan di Indonesia yang terbuka dan dapat menjamin pengelolaan sumberdaya hutan yang adil dan berkelanjutan. Salah satu kegiatan utama dari Forest Watch Indonesia adalah menampilkan data dan informasi kehutanan di Indonesia melalui buku “Potret Keadaan Hutan Indonesia” (PKHI). Komitmen FWI dan kondisi tutupan hutan yang terus berkurang menjadi salah satu alasan FWI untuk menyusun kembali buku Potret Kondisi Hutan Indonesia periode 2010-2013, sebagai kelanjutan dari edisi PKHI sebelumnya.

Buku berjudul Potret Keadaan Hutan Indonesia disusun berdasarkan informasi mengenai tutupan hutan hasil penafsiran citra satelit dan peta-peta terestrial, dielaborasikan dengan data dan laporan resmi dari pihak pemerintah serta dari lembaga-lembaga pemerhati lingkungan. Walaupun disadari bahwa ada tantangan besar dalam proses pengumpulan data dan menghasilkan sebuah laporan yang komprehensif, tetapi proses ini harus dijalani karena dirasakan sangat penting bagi keberlangsungan hutan alam Indonesia.

Berapa luas hutan alam Indonesia yang masih tersisa? Berapa laju kerusakan hutan alam Indonesia? Apa penyebab dari rusaknya hutan alam Indonesia? Apa benar, upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam mencegah dan mengurangi laju kerusakan hutan tidak memberikan dampak yang signifikan? Lalu, apa rekomendasi FWI dalam menghentikan laju kerusakan hutan di Indonesia?

Jawaban dari banyak pertanyaan tersebut coba dipaparkan didalam buku PKHI. Konten buku akan coba digali guna mencari titik terang dari sekelumit permasalahan yang terjadi didalam hutan alam Indonesia dalam diskusi bertajuk Potret Keadaaan Hutan Indonesia Periode 2009-2013.

Waktu Pelaksanaan

Launching diselenggarakan pada :
Hari/ tanggal: Kamis, 11 Desember 2014
Tempat: Hotel Santika Premiere, Jl. Aipda KS. Tubun Slipi No. 7 Jakarta Barat
Ruangan: Cempaka
Pukul: 08.30 s/d 11.30 WIB

Konferensi Pers diselenggarakan pada :
Hari/ tanggal: Kamis, 11 Desember 2014
Tempat: Hotel Santika Premiere, Jl. Aipda KS. Tubun Slipi No. 7 Jakarta Barat
Ruangan: Kenanga
Pukul: 11.30 s/d 13.00 WIB

Kontak yang dapat dihubungi:
Linda Rosalina
HP: 085710886024;
email: linda@fwi.or.id

TOR Kegiatan
Silahkan unduh pada laman dibawah ini:
TOR Peluncuran Potret Keadaan Hutan Indonesia 2009-2013

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>