Syarat dan Ketentuan

Ketentuan Umum

  1. Lomba ini terbuka untuk umum bagi warga negara Indonesia tanpa ada batas usia;
  2. Setiap orang dapat mengirimkan hasil karyanya lebih dari satu, baik untuk lomba essay maupun  lomba fotografi. Setiap orang juga diperbolehkan mengirimkan hasil karyanya/ mengikuti masing-masing kategori lomba ini (essay dan fotografi);
  3. Setiap orang wajib melike fanspage Forest Watch Indonesia dan follow twitter @fwindonesia;
  4. Hasil karya (essay dan foto) orisinil dan belum pernah dipublikasikan;
  5. Untuk lomba fotografi disertai deskripsi singkat. Editing foto hanya sebatas perbaikan warna, kontras, dan cropping seminimal mungkin.
  6. Setiap hasil karya (essay dan foto) akan ditampilkan di domain FWI (fwi.or.id/lomba2015);
  7. Semua karya yang dikirimkan menjadi miliki pihak penyelenggara dan tidak dapat dikembalikan.
  8. Penyelenggara berhak menggunakan karya tersebut sebagai bahan publikasi tanpa harus  meminta izin terlebih dahulu dan memberikan kompensasi pada peserta (hak cipta tetap miliki penulis/fotografer yang bersangkutan)
  9. Peserta dapat mengirimkan hasil karyanya lewat cara sebagai berikut: (1) memposting sendiri  karyanya di domain FWI (fwi.or.id/lomba2015) dan (2) mengirimkan email (esai dalam bentuk doc. dan foto dalam bentuk jpg.) dengan subyek:
    – Lomba essay[underscore]nama lengkap[underscore]asal[underscore]tematik
    – Lomba foto[underscore]nama lengkap[underscore]asal
    Contoh: Lomba esai_Andi Juanda_Bogor_Transparansi , dan kirim ke anggiputraprayoga[at]fwi.or.id
  10. Hasil karya pemenang akan dimuat dalam buletin INTIP HUTAN FWI Edisi Desember 2015 dan mongabay.co.id.

Ketentuan Khusus Lomba Essay:

  1. Panjang artikel maksimal 1000 kata (lebih kurang 1,5 halaman dalam spasi 1).  Ditulis dalam  bahasa Indonesia sesuai kaidah EYD, tulisan belum pernah dimuat di media lain dan karya merupakan hasil pemikiran sendiri (bukan menyalin ulang karya orang lain).
  2. Bentuk tulisan dapat berupa opini penulis maupun pemaparan kondisi atau fakta yang ditemui oleh penulis. Orisinalitas pemaparan dari cara pandang penulis menjadi nilai plus penilaian.
  3. Sebagai pembuka wawasan, para penulis disarankan dapat membaca artikel-artikel yang berhubungan dengan tema penulisan di web www.fwi.or.id dan www.mongabay.co.id yang banyak menceritakan tentang kondisi, permasalahan dan dampak kerusakan hutan dan lingkungan. Setiap rujukan/ referensi literatur yang digunakan dapat ditambahkan di akhir tulisan.

Ketentuan Khusus Lomba Penulisan Essay Foto:

  1. Foto yang dikirimkan merupakan karya peserta, belum pernah dimuat di media lain. Selain mengirimkan foto, peserta diwajibkan memberikan deskripsi singkat tentang foto yang dilombakan.
  2. Ukuran foto dapat disesuaikan dengan format tidak lebih dari ukuran 2 Mb.
  3. Foto diperkenankan untuk diedit sewajarnya (warna, crop, tone contrast), tapi tidak diperkanankan untuk diedit melampaui batas kewajaran seperti pencampuran dua foto