Tantangan utama dalam pengelolahan SDA

Tantangan  Utama dalam pengelolahan Sumber Daya Alam

Indonesia merupakan ‘ Negara kaya’ , kenapa saya katakan demikian? karena faktanya indonesia mempunyai kekayaan Hayati yang luar biasa , bila di kelolah dengan baik , benar dan bijak, kita bisa menjadi Negara terkaya di Dunia.

Indonesia mempunyai Fauna yang berlimpah dan beragam dari : Mamalia (lebih dari 500 jenis), Kupu-kupu (lebih dari 100 jenis) , Reptil (lebih dari 600 jenis), Burung (lebih dari 1.500 jenis) dan Amfibi (lebih dari 250 jenis) sedangkan jumlah flora yang ada di indonesia 34 % dari 10.000 spesies tumbuhan berbiji adalah endemik, yang tak ditemukan di tempat lain di dunia. Ini termasuk 158 dari 267 spesies pohon famili dipterocarp yang terkenal untuk tujuan komersial (kayu-kayuan). Varietas jamur, yang telah ditemukan di Indonesia berkisar antara 4250 – 12.000 spesies dari jumlah total spesies jamur di dunia 47.000 spesies. Untuk lumut, ada sekitar 3000 spesies telah ditemukan di Indonesia dari total spesies lumut di dunia sekitar 15.000. Untuk pakis, 4000 spesies telah ditemukan, dari total dunia sekitar 16.000 spesies. Untuk tumbuhan berbunga, di Indonesia ada 20.000-25.000 spesies, yang merupakan 8 – 10 % dari total spesies di seluruh dunia ini menurut Whitten & Whiten (2003) serta Sastrapradja (2010, “Memupuk Kehidupan di Nusantara, Yayasan Obor Indonesia) . Data di atas belum termaksud kekayaan yang di miliki indonesia lain nya , seperti emas , batu bara , perak ,dll. Bayangkan betapa kaya nya Negri tercinta kita ini . dan itu berarti semakin banyak dan berat tantangan untuk mengelolah Sumber daya alam kita .
seperti kata pepatah ‘Semakin tinggi pohon maka akan kencang pula angin yang menerpa nya’ .Ada beberapa tantangan dalam pengelolahan Sumber Daya Alam ,

menurut pendapat saya :
1. Harus Menegakkan Hukum di indonesia karena bila hukum di Indonesia sudah tegak semua urusan termaksud dalam kehutanan . kehutanan adalah lembaga yang mengurus semua yang bersangkut taut dengan hutan dan pengeolahan Sumber daya Alam.contoh orang- orang / pengusaha yang bermain dalam izin usaha serta merusak , mengekspositasi alam dengan berlebihan di suatu kawasan hutan lindung / kawasan kawasan yang seharus nya tidak dibolehkan untuk membuka lahan / usaha di kawasan tersebut tetapi karena masih lemah nya Hukum di Negri ini jadi mereka yang melanggar tidak terusut kasus nya , apalagi kena sanksi / penjara sesuai dengan Undang undang dan beraturan yang berlaku.

2. Kurangnya sosialkan kepada Masyarakat indonesia baik yang di Desa , kota maupun masyarakat pendalaman ( yang tertinggal) bahwa penting ikut menjaga Alam bukan hanya memanfaatkan secara berlebihan apalagi sampai merusak , contoh nya seperti mengebom batu karang untuk menangkap / mencari ikan padahal hal itu adalah cara yang salah karena akan merusak habitat / karang karang laut .seharus nya SDA yang di miliki Indonesia di jaga dan dimanfaatkan dengan bijak agar anak cucu kita bisa merasakan , memanfaatkan Anugerah dari Tuhan yang ESA ini.

“ALAM BUKAN WARISAN DARI NENEK MONYANG

TETAPI ALAM ADALAH TITIPAN BUAT ANAK CUCU KITA !”

3. Mengeolah dan menjual sendiri Sumber Daya Alam , tidak tergantung dengan pihak lain.
Pihak lain yang saya maksud di sini adalah orang asing / negara lain. Padahal bila semua SDA kita kelolatangh sendiri tanpa melibatkan pihak- pihak lain , maka akan banyak keuntungan yang kita dapat. Contoh Mengurangi penangguran , Mengurangi kemiskinan , Masyarakat sejahtera dan hasil dari SDA yang di manfaatkan dengan baik , benar dan bjiak bermanfaat untuk semua baik pemerintah dan masyarakat yang terlibat mengeolah nya.

4. Memperkuat pengawasan dalam segala hal. Terutama dalam menjaga pertahanan dan kawasan , contoh pengawasan dalam menjaga batas batas teritorial bahari / laut kita . seringkali di media terdengar kita kecolongan kapal- kapal besar pihak luar masuk dan mengambil SDA dan hasil laut kita ( ikan ) secara besar- besaran , hal ini menyebabkan hasil atau sumber daya alam kita menipis dan bahkan rusak .habitat nya.
4 tantang ini lah yang mendasari pengeolahan SDA kita , semoga pemrintah dan semua pihak bisa segera membenahi dan memperbaiki permasalahan sebelum SDA kita punah .