tantangan untuk Indonesia dalam mengelola sumber daya alam

Setiap negara memiliki sumber daya alam masing-masing. Setiap negara pula berhak dan wajib mengelola sumber daya alam tersebut dengan sebaik-baiknya. Tak terkecuali Indonesia. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, namun banyak dari sumber daya alam tersebut yang banyak terbengkalai karena tak diurusi oleh pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia untuk mengelola sumber daya alam. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Masyarakat. images
    banyak masyarakat yang acuh dan tak mau peduli terhadap sumber daya alam Indonesia. Jalankan mengelola, mengetahui jika Indonesia kaya saja tidak tahu. Banyak masyarakat yang merasa hidup di Idonesia itu miskin. Padahal jika mau banyak sumber daya alam yang dapat dikelola untuk kemakmuran bangsa. In merupakan sebuah tantangan bagi bangsa Indonesia. Bagaimana mengatasi masyarakat yang cenderung acuh dan tak mau peduli? Jika saja semua masyarakat peduli, tak ada lagi sumber daya alam yang dikelola oleh warga asing.
  2. Modal.
    mengelola sumber daya alam, juga membutuhkan modal. Tak hanya dengan tangan kosong. Sementara Indonesia sendiri bukanlah negara yang maju. Sehingga banyak negara asing yang menanamkan modal di sini. Hingga masyarakat Indonesia tak bisa mengelola sendiri. Jika tak dibatasi, warag asing bukan hanya menanamkan modal tapi juga ikut mengelola sumber daya alam Indonesia. Mungkin lebih dari itu, bisa saja warga asing justru menjadi pimpinan. Sementara masyarakat Indonesia sendiri hanya menjadi seorang buruh kasar, dengan gaji yang tak seberapa. Hal ini merupakan tantangan. Bagaimana cara agar Indonesia memiliki modal untuk mengelola sumber daya alam tanpa campur tangan warga asing, yang pada akhirnya justru mengambil alih pengelolaan.
  3. Teknologi.
    mengelola sumber daya alam tanpa teknologi. Bagaikan punya buah tapi tak memiliki pisau. Barangnya ada tapi tak bisa diapa-apakan karena tak bisa dilakukan hanya dengan kedua tangan. Teknologi merupakan salh satu faktor penting dalam pengelolaan sumber daya alam. Tanpa teknologi pengelolaan sumber daya alam tak akan berjalan. Sekalipun berjalan, hasilnya tak akan maksimal. Meski begitu Indonesia tak memiliki teknoogi secanggih negara lain. Indonesia hanya bisa meng-import barang-barang tersebut dengan harga yang fantastic. Akan lebih baik jika bangsa Indonesia menciptakan teknologi sendiri. Meski tak secanggih bangsa lain. Yang terpenting dapat berguna. Semua dimulai dari yang kecil. Tantangan baru bagi bangsa Indonesia, menciptakan teknologi yang berguna untuk pengelolaan sumber daya alam.
  4. Saingan.
    banyak saingan bangsa Indonesia untuk mengelola sumber daya alam. Meski sumber daya alam milik Indonesia, namun telah banyak warga asing yang mengambil alih pengelolaan. Hingga terjadi saingan antara pengelolaan nasional dengan asing. Hal ini tak akan terjadi jika warga asing tidak dijinkan mengelola sumber daya alam Indonesia. Nasi telah menjadi bubur. Tantangan bangsa Indonesia yang selanjutnya adalah mengelola sumber daya alam tersebut dengan saingan bangsa asing yang mulai merajalela.
  5. Pemerintah.
    faktor yang paling mendukung pengelolaan sumber daya alam adalah pemerintah. Apalagi yang berada di pedalaman-pedalaman. Jika pemerintah saja tak peduli dan acuh lalu bagaimana masyarakat yang ada di sekitar bisa mengelola sumber daya alam tersebut. Pemerintah seharusnya memberikan arahan, dan juga dukungan untuk mengelola sumber daya alam yang ada disekitar. Bukan hanya mengurusi masalah politik yang tak ada habisnya hingga kiamat nanti.
  6. Semangat dan optimisme.
    meski semua tantangan yang ada pada sebelumnya telah diatasi. Jika tak ada semangat dan optimisme dari bangsa Indonesia semuanya sama saja. Pengelolaan sumber daya alam tak akan berjalan. Semua itu bisa berjalan jika semua pihak yang terkait baii pemerintah, ataupun masyarakat semangat dan optimisme. Mempunyai keinginan untuk kemajukan negara dan bangsanya.

Pengelolaan sumber daya alam di Indonesia  banyak mengalami tantangan yang harus dihadapi. Semua tantangan tersebut dapat diatasi jika bangsa Indonesia mau dan ingin untuk memajukan negaranya. Semua tantangan itu akan sirna. Mengelola sumber daya alam memang bukanlah hal yang mudah. Tapi bukan berarti dilupakan dan ditinggalkan begitu saja. Mulailah dari hal yang kecil, misal saja menggunakan bensin seperlunya. Hal tersebut sudah membantu mengelola sumber daya alam. Semua masyarakat ingin negara Indonesia menjadi negara yang makmur dan sejahtera. Mari saling bahu-membahu mengelola sumber daya alam yang ada.