Workshop Harmonisasi Inisiatif Standar Tata Kelola Hutan

Presentasi dan Diskusi Standar Tata Kelola Hutan
Picture22
Pada presentasi standar tata kelola hutan yang disampaikan oleh para narasumber, intinya hampir sama dan tidak ada yang keluar dari koridor prinsip-prinsip tata kelola hutan yang baik dari 14 prinsip Pemerintah. Memiliki satu isu bersama yaitu isu tata kelola hutan, namun yang berbeda adalah input dan prosesnya.

Salah satu diskusi yang menarik adalah pendapat Bapak Oding Affandi selaku anggota DKN komisi akademisi. Beliau berumpama bahwa Indonesia memiliki banyak designer (pembuat kriteria dan indikator tata kelola) yang ingin memakaikan baju pada satu orang yaitu hutan. Kemudian alangkah baiknya apabila para designer ini bersepakat ada sebuah harmonisasi, dengan tujuan agar baju bisa dipakai dimana-mana.

Dari workshop ini, semua bersepakat bahwa proses atau penilaian kriteria dan indikator menjadi penting untuk dilakukan sebagai dasar mengukur kinerja dalam tata kelola hutan. Kemudian dari kinerja itu kita mampu memberikan konsekuensi berupa reward dan punishment terhadap pelaksanaan tata kelola hutan tersebut.

Catatan:
Untuk mendownload semua bahan workshop, silahkan unduh dari tautan ini (FILE_7,3_Mb).

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>